Vampire On JUMKAB and JUMNAS


Salam Vampire piss^^V
Hayy semua, udah lama nungguin postingan dari vampire ya? Hayoo ngaku :p masih ngga mau ngaku? Hmm gapapa deh, nah kali ini Vampire mau ngasih tau nih kalau Vampire Lagi Bahagiaaa banget wkwk.
Kenapa? Hayoo mulai penasaran kan? hehe
Jadi kemarin, pada tanggal 26-27 Agustus 2016, Vampire baru saja mengikuti Kegiatan JUMKAB (Jumbara Kabupaten) Banyumas. Dan pada tanggal 25-31 Agustus 2016 Vampire juga mengirimkan satu perwakilan untuk mewakili Jawa Tengah di JUMNAS (Jumbara nasional) lohh kereen banget kan?
Mau tau apa aja acaranya? Cekidott dari Jumkab dulu yaa

Jadi tanggal 26-29 Agustus 2016, PMI Cabang Kabupaten Banyumas mengadakan Jumbara Kabupaten yang dilaksanakan tiap tahun di Pamijen, Baturaden. Hari Pertama Jumkab, ada Deville dan Persahabatan, nah Deville itu semacam pawai dan semua kontingen ikut looh. Hari Kedua itu ada Lomba Game Kepalnagmerahan, ASB (Ayo Siaga Bencana), Lomba tentang Kepemimpinan, Lomba tentang Talasemia
, dan ada Baksos. Malam harinya juga ada Pentas Seni. Hari ketiga ada Lomba Travelling, ASB, HPI dan Baksos. Malam harinya juga ada Pentas Seni. Dan setiap hari selalu ada acara persahabatan dan ngobrol-ngobrol ke kontingen lain. Makasih yaa yang udah nyempetin waktunya buat berkunjung ke pangkalan kami^^v Alhamdullilah selama kegiatan itu Vampire bisa ngasih hadiah nih buat keluarga besar Vampire.. Apa tuh hadiahnya? , hadiahnya adalah Vampire mendapatkan Juara 2 Unit PMR Teladan, Perawatan Keluarga Juara 3 dengan peserta Ana Millenia, Fara Salma, Aura Shafa dan Mar'atul Aji. Dan juga Juara 3 untuk lomba ASB .





Lanjut yang Jumnas yaa

⁠⁠Pada tanggal 25-31 Agustus 2016 lalu, Palang Merah Indonesia mengadakan Jumbara Nasional. Jumbara Nasional tahun ini adalah Jumbara Nasional yang ke VIII. Event ini tidak diadakan setiap tahun loh gengs. Event yang sangat bergengsi ini diadakan setiap 5 tahun sekali. Jumbara Nasional (Jumnas) tahun ini, diadakan di Semen Tonasa 1, Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan. Untuk Provinsi Jawa Tengah mengirimkan 13 siswa PMR Mula, 13 siswa PMR Madya, dan 14 siswa PMR Wira dimana salah satu dari 14 siswa itu merupakan Ketua Forpis Provinsi Jawa Tengah. Beruntungnya, teman kita yang bernama Nurul Fathmadhani berhasil lolos untuk mengikuti Jumbara Nasional ke VIII ini. 
 
Nurul Fathmadhani atau yang sering dipanggil Ata harus melewati serangkaian seleksi yang luar biasa ketat mulai dari tingkat kabupaten hingga tingkat provinsi. Setelah lolos seleksi, Ata harus mengikuti rangkaian kegiatan persiapan dan pelatihan untuk menghadapi Jumnas. Rangkaian kegiatan Jumbara Nasional diadakan sekitar 9 hari. Kegiatan yang dilaksanakan tentu saja sangat bermanfaat, seru dan tidak biasa. Kegiatan-kegiatan tersebut diantaranya jurnalistik, enterpreneurship, dara daeng, permainan persahabatan, bincang-bincang ringan bersama peserta dari daerah lain, loka karya, bakti masyarakat, HPI, temu pembina, youth station, edutaiment, dan pameran. Buat yang belum tau nih, dara daeng itu semacam kakang mbekayu gengs. Lalu kalau edutainment itu semacam pensi, dimana Provinsi Jateng mendapat tema 'Safety Riding'. Kalau kegiatan bakti masyarakat, para peserta Jumbara Nasional diajak untuk mengunjungi panti jompo dan menanam pohom bakau bersama dengan Bapak Jusuf Kalla, Wakil Presiden Indonesia. Pengalaman yang super langka kan gengs? Duh jadi iri deh. Untuk pameran, setiap peserta diwajibkan untuk membawa makanan dan barang-barang khas dari daerah masing-masing. Nah di lokasi Jumnas, barang-barang itu dijual. Kreatif banget kan? Kita bisa bertukar cenderamata dari daerah-daerah di seluruh Indonesia. Kebetulan Ata ikut kegiatan Youth Station atau traveling kepalangmerahan, khususnya bidang PP. 
 
Ada 3 pertemuan untuk Youth Station. Pertemuan pertama temu fasilitator (untuk pembina), pertemuan kedua belajar bersama peer to peer dipandu fasilitator dari Kalimantan Selatan dan Bali. Lalu di hari kelima lombanya, dengan peer to peer ke peserta ASB. Lombanya menjadi fasilitator, tapi bukan individu melainkan kelompok. Pada waktu itu, Ata bersama dengan peserta dari Lampung, Sulawesi Utara, Kalimantan Utara, Maluku Utara, dan Riau. Yang dinilai dari kegiatan ini yaitu pemahaman materi dan sikap dalam kelompok itu sendiri. Gimana gengs kegiatan Jumnas ini? Kece banget kan? Wah, bener-bener pengalaman yang luar biasa berharga ya? So, buat kalian semua jangan lupa buat tetap semangat belajar. Karena Jumbara Nasional ke IX menanti kalian!
 
 

Semoga kedepannya Vampire bisa terus andil dalam kegiatan tersebut dan terus membuat keluarga besar Vampire Smansa bahagia dengan prestasi yang didapatkan. Sukses terus Vampire Smansa!!!!

Comments

Popular Posts