DORAS 1 Berhasil Meraih 110 Kantong Darah

Kekurangan darah dalam tubuh dapat memicu berbagai penyakit, mulai dari anemia, hipotensi, serangan jantung, dan beberapa penyakit lainnya. Kasus seperti kecelakaan dan proses melahirkan juga dapat menyebabkan kekurangan darah karena pendarahan yang hebat. Kondisi ini tentu menyebabkan instansi seperti PMI dan Rumah Sakit harus memberikan pasokan darah yang cukup.  

Dalam satu hari saja, PMI Kabupaten Banyumas membutuhkan setidaknya 130 kantong darah. Jumlah itu bukanlah angka yang sedikit. Maka untuk menumbuhkan kesadaran dan meningkatkan kepedulian terhadap sesama, pada tanggal 21 Januari 2014, PMR SMA Negeri 1 Purwokerto mengadakan kegiatan donor darah sukarela.

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjsama dengan PMI Kabupaten Banyumas dan Unit Donor Darah Kabupaten Banyumas. Bangsal SMA Negeri 1 Purwokerto tampak dipenuhi oleh peserta donor darah. Peserta dari donor darah sukarela ini yaitu dari siswa-siswi, guru dan karyawan bahkan terlihat juga beberapa alumni dari SMA Negeri 1 Purwokerto.

Seluruh peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Hal ini terlihat dari banyaknya murid yang semangat untuk mendaftarkan diri melakukan donor darah. Walaupun banyak diantara mereka yang gagal mendonorkan darah karena persyaratan yang belum terpenuhi.

 Kegiatan yang dilaksanakan dari pukul 8 pagi sampai pukul 1 siang ini, berhasil mengumpulkan 110 kantong darah dari 110 kantong kosong yang disediakan oleh PMI Banyumas. Bahkan, dari pihak panitia sampai menolak beberapa formulir yang telah diisi oleh peserta. Rencananya dari pihak panitia akan mengadakan donor darah susulan guna melayani peserta yang belum mendapat kesempatan.

Azmirfani selaku ketua panitia menambahkan, kegiatan ini dapat terlaksana atas kerjasama dengan tim yang solid. Walaupun ia merasa masih banyak kekurangan disana-sini, tetapi itu semua terhapuskan dengan banyaknya siswa dan siswi yang secara sukarela ingin mendonorkan darah mereka.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat luas ” ujar Unggul Dwifebrian, salah satu alumni SMAN 1 Purwokerto yang turut mengikuti kegiatan donor darah dan telah melakukan donor darah sebanyak 21 kali. [Rembulan Suha]

Comments

Popular Posts